header-int

Ciri-Ciri Terkena Asam Lambung

Sabtu, 08 Jun 2024, 11:31:09 WIB - 34 View
Share
Ciri-Ciri Terkena Asam Lambung

Refluks asam adalah suatu kondisi di mana isi lambung, termasuk asam dan makanan, mengalami refluks ke kerongkongan. Kondisi ini lebih dikenal dengan sebutan GERD atau sindrom asam lambung. GERD disebabkan oleh melemahnya sfingter esofagus bagian bawah (LES).

Saat Anda makan, otot LES berelaksasi dan berkontraksi saat makanan masuk ke perut Anda. Sayangnya, pada pasien GERD, otot-otot tersebut tidak dapat menutup dengan baik sehingga menyebabkan isi lambung kembali naik ke kerongkongan.

Ciri-Ciri Asam Lambung Naik

Kadar asam lambung dapat meningkat dengan tromboemboli periodik atau obesitas. Banyak juga kebiasaan yang dapat meningkatkan resiko nya, seperti makan dalam porsi besar, langsung tidur setelah makan, merokok, atau banyak minum makanan berlemak, kopi, atau minuman berkarbonasi.

Oleh karena itu, penting untuk mewaspadai gejala asam lambung tinggi jika Anda berisiko terkena GERD. Masalahnya, GERD sering disalahartikan dengan kondisi lain, misalnya sakit maag atau sakit tenggorokan, karena gejala dasarnya sama, yaitu nyeri dada atau batuk.

Untuk membedakan gangguan tersebut, ada baiknya mengetahui gejala asam lambung naik berikut ini.

1. Heartburn

Sakit maag adalah sensasi terbakar di dada, biasanya pada waktu-waktu tertentu di siang hari, malam hari, atau saat berbaring dan membungkuk. Hal ini terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa sakit. Iritasi ini menyebarkan sensasi terbakar atau terbakar di dada.

2. Nyeri Dada

Gejala asam lambung meningkat seringkali disalah artikan dengan gejala sakit maag. Sebaliknya, lokasi nyeri serupa di kedua lokasi. Bedanya, nyeri punggung akibat serangan jantung biasanya menjalar ke bagian tubuh lain seperti bahu, bahu, dan leher, sedangkan nyeri pinggang akibat GERD biasanya hanya menjalar ke dada dan ulu hati.

3. Batuk

Obat batuk tidak berfungsi? Sebaiknya periksakan ke dokter, karena kondisi ini bisa menjadi tanda asam lambung meningkat. Berbeda dengan kerongkongan, asam lambung juga bisa masuk ke tenggorokan dan menyebabkan iritasi. Iritasi ini dapat menyebabkan batuk terus-menerus atau sakit tenggorokan.

4. Kesulitan Menelan Makanan

Iritasi pada kerongkongan akibat peningkatan asam lambung juga bisa memicu pembentukan tulang di tenggorokan. Sesuatu mungkin tersangkut di tenggorokan Anda dan Anda mungkin mengalami kesulitan menelan makanan (disfagia).

5. Bau Mulut

Asam lambung yang masuk ke hidung atau mulut akan menimbulkan rasa dan bau sehingga membuat napas berbau tidak sedap. Sesak napas akibat naiknya asam lambung seringkali bisa disebabkan oleh muntah-muntah.

Selain gejala di atas, penderita GERD juga bisa mengalami mual dan muntah, sembelit, gangguan tidur, gangguan peredaran darah, sering buang air besar, dan peningkatan asam lambung.

Pengobatan Asam Lambung Naik

Usahakan untuk tidak panik jika Anda mengalami tanda-tanda asam lambung naik dan jangan terburu-buru mengonsumsi obat asam lambung. Ada beberapa cara untuk mengurangi keluhan asam lambung naik:

  • Lepaskan baju, celana, atau ikat pinggang Anda
  • Duduk tegak, jangan berjongkok
  • Angkat kepala Anda sambil berbaring
  • Mengonsumsi Minuman Jahe

Jika keluhan asam lambung naik yang Anda alami tidak kunjung hilang setelah melakukan semua cara di atas, cobalah mengonsumsi obat asam lambung, misalnya antasida, yang bisa Anda beli tanpa resep.

Asam lambung yang meningkat tentu bisa menimbulkan rasa nyeri saat beraktivitas. Jika tidak melakukan apa-apa, duduk diam pun bisa terasa nyeri, apalagi jika asam lambung meningkat sehingga bisa berujung pada sakit maag. Oleh karena itu, kekambuhan GERD harus dicegah dengan strategi berikut.

  • Pertahankan berat badan yang sehat
  • untuk berhenti merokok
  • Berbaring miring ke kiri saat tidur
  • Jangan langsung tidur setelah makan, tunggu minimal 1-2 jam
  • Jangan makan banyak
  • Masak makanan secara perlahan
  • Hindari makanan dan minuman yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti gorengan, coklat, atau kafein dan alkohol.
  • Hindari pakaian ketat yang membuat area perut tidak bisa dihindari

Sekian informasi dari Ciri-ciri Asam Lambung dan cara pengobatannya, semoga bermanfaat buat kalian yang belum mengetahui hal ini, terima kasih.

Unidha Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal Indonesia atau STMIK Royal adalah perguruan tinggi swasta (PTS) di Provinsi Sumatra Utara yang memiliki akreditas intitusi B. STMIK Royal Kisaran didirikan pada tanggal 8 september 2011 dengan Surat Keputusan Nomor: 197/E/O/2011 dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube