header-int

Pengertian AI Pada Masa Trend Kini

Kamis, 30 Mei 2024, 12:48:22 WIB - 62 View
Share
Pengertian AI Pada Masa Trend Kini

Kecerdasan buatan (AI) atau kecerdasan buatan adalah kemampuan komputer atau robot yang dikendalikan komputer untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya mampu dilakukan oleh kecerdasan manusia.

Saat ini banyak sektor bisnis yang menggunakan teknologi AI. Namun sejauh ini belum ada teknologi AI yang mampu sepenuhnya menggantikan atau menggantikan manusia.

Kecerdasan buatan adalah kemampuan mesin untuk melakukan tugas yang serupa dengan kecerdasan manusia.

Paling sering, penggunaan teknologi kecerdasan buatan diterapkan pada aplikasi umum seperti permainan, terjemahan bahasa, sistem khusus, dan robotika. Kecerdasan buatan pertama kali muncul pada tahun 1940 an, ketika komputer digital mulai dikembangkan.

Sejarah Singkat Kecerdasan Buatan

Istilah kecerdasan buatan sering digunakan untuk proyek yang mengembangkan sistem yang meniru karakteristik proses mental manusia.

Kualitas-kualitas ini mencakup kemampuan untuk melakukan refleksi, menemukan makna, merangkum, dan belajar dari pengalaman masa lalu. Sejak perkembangan komputer digital pada tahun 1940 an, telah terbukti bahwa komputer dapat diprogram untuk melakukan banyak tugas kompleks secara efisien.

Namun, meskipun ada perbaikan dan pengembangan berkelanjutan dalam kecepatan pemrosesan dan kapasitas memori, tidak ada satu program pun yang dapat menandingi dinamika manusia di berbagai bidang.

Disisi lain, beberapa program telah mencapai tingkat kinerja manusia yang profesional dan ahli dengan melakukan tugas-tugas tertentu. Ini termasuk diagnostik medis, mesin pencari, dan pengenalan suara atau tulisan tangan.

Konsep Kecerdasan Buatan Alan Turing

Pekerjaan awal yang penting dalam kecerdasan buatan dilakukan pada pertengahan abad ke-20 oleh ahli logika dan pionir komputer Inggris, Alan Mathison Turing.

Pada tahun 1935, Turing membayangkan sebuah mesin komputasi abstrak yang terdiri dari memori tak terbatas dan pemindai yang bergerak maju mundur. Langkah-langkah pemindaian ditentukan oleh program instruksi yang disimpan sebagai kode di memori komputer.

Ini adalah konsep Turing tentang program tersimpan, yang memungkinkan mesin untuk mengeksekusi, memodifikasi, atau memodifikasi programnya sendiri. Teori Turing sekarang dikenal dengan nama Mesin Turing Universal.

Bahkan saat ini kecerdasan buatan semakin berkembang seiring dengan kemajuan pengolahan komputer.

Aplikasi kecerdasan buatan

Ada banyak sistem kecerdasan buatan di dunia nyata saat ini. Berikut adalah beberapa contoh AI paling umum di dunia nyata, yang diadaptasi dari situs web IBM.

1. Pengenalan Ucapan

Pengenalan ucapan juga dikenal sebagai pengenalan ucapan otomatis (ASR), pengenalan ucapan komputer, atau teks ke ucapan. Sistem ini merupakan keterampilan yang menggunakan Natural Language Processing (NLP) atau ucapan alami manusia dalam bentuk tulisan.

Banyak perangkat seluler menyertakan pengenalan suara dalam sistemnya untuk melakukan pencarian suara atau memberikan akses lebih besar ke layanan pesan instan.

2. Layanan Pelanggan

Saat ini, agen virtual online telah menggantikan manusia dalam berbagai sistem layanan pelanggan. Mereka menjawab pertanyaan umum tentang topik layanan seperti pengiriman, memberikan masukan yang dipersonalisasi, dan bahkan menyarankan ukuran kepada pengguna.

Contoh paling umum adalah agen virtual di situs e-niaga, aplikasi perpesanan seperti Slack dan Facebook Messenger, dan banyak tugas yang dilakukan oleh asisten virtual dan asisten suara.

3. Computer Vision 

Teknologi kecerdasan buatan ini memungkinkan komputer dan sistemnya memperoleh informasi dari gambar digital, video, dan data visual lainnya. Nantinya, berdasarkan informasi visual tersebut, komputer dapat mengambil tindakan. Kemampuan untuk memberikan rekomendasi ini berbeda dari tugas pengenalan gambar sederhana.

Sekian informasi dari Apa Itu Ai, semoga bermanfaat buat kalian yang belum mengetahui hal ini, terima kasih.

Unidha Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal Indonesia atau STMIK Royal adalah perguruan tinggi swasta (PTS) di Provinsi Sumatra Utara yang memiliki akreditas intitusi B. STMIK Royal Kisaran didirikan pada tanggal 8 september 2011 dengan Surat Keputusan Nomor: 197/E/O/2011 dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube