header-int

Pengertian Dari Kurikulum Merdeka Dan Pembelajarannya

Rabu, 29 Mei 2024, 12:15:50 WIB - 52 View
Share
Pengertian Dari Kurikulum Merdeka Dan Pembelajarannya

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum terbaru yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek). Kurikulum ini belum menjadi kurikulum nasional dan pada awalnya merupakan reformasi dari kurikulum darurat.

Kurikulum Merdeka kini diterima di 300.000 sekolah di Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperkirakan kurikulum mandiri akan menjadi kurikulum nasional pada tahun 2024.

Insya Allah tahun depan kita akan mengembangkan kurikulum mandiri sebagai kurikulum nasional, kata Anedito Aditomo, Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. . Acara Festival Kurikulum Merdeka 2023 telah diselenggarakan pada bulan Juni lalu di YouTube oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Selain Kurikulum 2013, apa sebenarnya kurikulum mandiri itu?

Memahami Program Kurikulum Merdeka

Kurikulum mandiri merupakan kurikulum yang sebaiknya diajarkan di sekolah dengan muatan yang berbeda-beda agar siswa dapat menjadi lebih baik dan mempunyai waktu yang cukup untuk memperdalam konsep dan meningkatkan keterampilan.

Program studi mandiri pertama akan ditawarkan pada tahun 2022 dan bersifat opsional. Artinya sekolah bisa memilih kurikulum mandiri atau tetap berpegang pada kurikulum 2013.

Latar Belakang Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka diluncurkan pada masa pandemi COVID-19. Program Penilaian Siswa Internasional (PISA) melaporkan bahwa 70% siswa berusia 15 tahun memiliki kemampuan di bawah minimum dalam pemahaman bacaan sederhana atau penerapan konsep matematika dasar. Skor PISA belum menunjukkan peningkatan yang signifikan selama sepuluh atau lima belas tahun terakhir.

Berdasarkan laporan yang dimuat di situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, penelitian menunjukkan adanya kesenjangan kualitas pendidikan yang besar antar daerah dan kelompok sosial ekonomi. Situasi ini diperburuk oleh pandemi COVID-19.

Untuk mengatasinya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyederhanakan kurikulum dengan program khusus darurat. Dalam beberapa kasus, efektivitas kurikulum memerlukan perubahan kurikulum yang lebih sistematis dan komprehensif.

Setelah kurikulum gratis dikembangkan, akhirnya akan diluncurkan pada tahun 2022. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memulai pendaftaran penerapan kurikulum mandiri di seluruh kelas.

Dari catatan tersebut, sekitar 140.000 kelas telah secara sukarela menerapkan kurikulum mandiri. Tahun ini, lebih dari 300.000 ruang kelas menerapkan pembelajaran mandiri.

Keunggulan program studi mandiri

Ciri-ciri utama yang membedakan program studi mandiri dengan program studi lainnya:

  • Fokus pada materi yang relevan untuk pembelajaran mendalam.
  • Lebih banyak waktu untuk mengembangkan kompetensi dan kepribadian melalui pembelajaran kelompok dalam konteks nyata (Proyek Peningkatan Profil Mahasiswa Pancasila).
  • Hasil pembelajaran menengah dan waktu belajar fleksibel.
  • Memberikan keleluasaan kepada guru dan materi pembelajaran pendukung untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dan kurikulum.
  • Mengutamakan kolaborasi dengan semua pihak untuk menerapkan pendekatan independen.

Prinsip pembelajaran dalam kurikulum mandiri

Prinsip pembelajaran dalam kurikulum mandiri mencakup tiga jenis kegiatan pembelajaran:

Pembelajaran Intrakurikuler

Pembelajaran di sekolah diselenggarakan secara berbeda agar siswa mempunyai waktu yang cukup untuk memperdalam konsep dan meningkatkan keterampilan.

Pembelajaran Kokurikuler

Pembelajaran kooperatif dilaksanakan dalam Pancasila sebagai proyek untuk meningkatkan karakter siswa. Prinsip pendidikan interdisipliner menitikberatkan pada pengembangan pribadi dan kompetensi umum.

Pembelajaran Ekstrakurikuler

Pembelajaran ekstrakurikuler adalah pembelajaran yang didasarkan pada kebutuhan siswa dan sumber daya kelas.

Sekian informasi dari Kurikulum Merdeka, semoga bermanfaat buat kalian yang belum mengetahui hal ini. terima kasih.

 

Unidha Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal Indonesia atau STMIK Royal adalah perguruan tinggi swasta (PTS) di Provinsi Sumatra Utara yang memiliki akreditas intitusi B. STMIK Royal Kisaran didirikan pada tanggal 8 september 2011 dengan Surat Keputusan Nomor: 197/E/O/2011 dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube